Senang Musik? Manfaatin buat belajar bahasa Inggris

Written by Prothelord   
Friday, 16 February 2007
Senang ngedengerin musik? Ikutan Indonesian Idol tapi belum berhasil masuk? Nah daripada stress, pakai aja tuh hobi buat belajar bahasa Inggris. Mau tau caranya? Baca terus yah…. 
Kamu percaya gak kalau dibilang bahwa susahnya mempelajari sesuatu itu terjadi karena kita ndak suka sama yang kita pelajari. Nah, sebenarnya memang bisa dikatakan demikian. bayangin aja kayak gini, kalau kamu tidak menyukai sesuatu biasanya kamu males untuk mengenal lebih jauh, males meluangkan waktu, ketemu masalah sedikit langsung putus asa dan bilang “Ahhh, susah nih”. Lain halnya kalau kamu menyukai sesuatu, apapun yang terjadi kamu pasti akan berusaha mati-matian untuk memahaminya. Contohnya kalau kamu seneng sama seseorang, pasti kamu akan berusaha mendapat informasi tentang dia no matter how hard kan? Nah, itu artinya kamu sedang mempelajari tentang orang yang kamu senengin itu.

Jadi,  kesimpulannya, kalau kamu suka, yang susah terasa mudah dan juga sebaliknya. Lha, terus apa hubungannya sama nyanyi? Gini…

Kalau kamu seneng nyanyi tapi gak terlalu berminat sama bahasa Inggris, coba deh kamu mulai mencari lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Tentu saja cari yang lagunya enak dan penyanyinya kamu sukai baik karena suaranya maupun tampangnya. Logikanya, kalau kamu seneng ama lagu itu, kamu akan berusaha untuk emngerti arti lagu itu kan? Nah, secara tidak langsung kamu sudah menyenangi bahasa Inggris lantaran lagu itu. Gampang kan…

Sekarang saya akan menyampaikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat kamu dalam mempelajari bahasa Inggris lewat lagu:

  1. Pilih lagu yang kamu sukai dan tentu saja penyanyinya juga lah.
  2. Pilih lagu yang slow aja. Kenapa? Karena biasanya lagu slow lebih mudah ditangkep kata-katanya, cari juga lagu yang gak terlalu keras musik pengiringnya. 
  3. Cari teksnya, tetapi terlebih dahulu coba kamu dengerin dan tebak lirik lagunya, ini akan melatih logika bahasa dan listening kamu secara otomatis. Setelah kamu coba bikin lirik kamu coba cocokin sama lirik lagu yang sudah kamu peroleh. Cocok? Bagus. Kamu bisa cari lirik lagu di internet, caranya: googling aja pake keyword “lyrics <judul lagu>”.
  4. Coba ikut menyanyikan semirip mungkin dengan penyanyinya, hal ini akan melatih pronounciation kamu. 
  5. Kalau nemu kata-kata yang kamu gak ngerti, langsung cari di kamus, dan pake sesering mungkin dalam praktek ngomong. Biasanya lirik lagu diambil dari kata-kata yang sering dipakai, jadi kamu mestinya bisa mencoba mempraktekkannya sehari-hari. Kalau kamu ndak ada kesempatan praktek, coba aja buat kalimat sendiri dalam hati kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru tersebut lho. Nah dari sini, mustinya vocab kamu makin baik.
  6. Terakhir, usahain jangan beli bajakan, biar kualitas suaranya bagus dan gak bikin kuping sakit.

Ok, gitu aja dulu. Jangan lupa praktekin yach, dan hope you can improve your english. Don’t forget to send your comment to us.

5 Responses

  1. Mother how are you to day…
    cuma lagu itu yg aku bisa, cuma 1 bait itu juga lagi 😀

  2. hiiii met yea

  3. good idea, i also wanna be a good teacher, but honestly i never teach anyone before, so can u recomended the sample song that u had used before and it works…thanks

  4. aku jg setuju dg artikel mu cos aku jg nulis laporan kayak gitu, tp aku gak punya referensi untuk dijadikan tinjauan pustaka, please tell me where will I found that book or the website?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: